5 Solusi Penting yang Harus Kamu Tahu Dari Penderita Tekanan Darah Tinggi




Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam kategori Silent Killer yang mana serangannya akan sangat berbahaya dan mematikan jika tidak dimanuver dengan baik. Banyak penderita yang tidak menyadari  serangan dari darah tinggi dan akhirnya tidak bisa ditolong. Penyakit tekanan darah tinggi yang dalam dunia kesehatan disebut Hipertensi merupakan salah satu penyakit akibat gangguan tekanan pada aliran darah disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah ataupun karena kepekatan dari komposisi darah akibat gangguan metabolisme lainnya, seperti peningkatan yodium atau garam dalam darah.

Sedangkan faktor yang mendukung terjadinya penyakit tekanan darah ini banyak, seperti misalnya bertambahnya usia, faktor keturunan, kebiasaan yang buruk seperti merokok dan minuman beralkohol, stres serta jarang berolahraga. Faktor-faktor pendukung inilah yang akan sangat berpengaruh terhadap terjadinya gangguan pada tekanan darah seseorang.

Jika seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi, maka akan menimbulkan berbagai masalah yang harus dihadapi, baik masalah secara individu, keluarga dan sosial yang  tentunya akan berpengaruh terhadap sistem ekonomi dalam keluarga. Bagaimana tidak? Penderita Tekanan Darah Tinggi akan mengkonsumsi obat terus untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli obat. Supaya masalah itu tidak terjadi, berikut kami berikan 5 solusi penting dalam mengantisipai terjadinya penyakit tekanan darah tinggi, diantaranya:



Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan suatu sikap mental yang memadukan pikiran-pikiran dan motivasi yang konstruktif, melihat dan memaknai segala sesuatu dari sisi baik dan manfaatnya. Dengan berpikir positif, seseorang akan selalu bersemangat dalam menjalani hidup, selalu tersenyum dan berbahagia. Orang yang selalu berpikir positif akan merangsang pembentukan hormon endorfin yang sangat perpengaruh dalam menetralkan dan menormalkan tekanan darah dalam tubuh. Orang yang berpikir posistif tidaka akan sealamnya tersenyum dan berbahagia, akan tetapi mereka bisa mengurai sebuah masalh menjadi suatu motivasi diri untuk menjadi lebih baik. Orang yang berpikir positif juga pasti mengalami sedih dan marah, tapi sedih dan marahnya hanya sebentar lalu kemudian bangkit kembali untuk menatap masa depan.

Aktivitas Yang Menyenangkan

Mulai saat ini, carilah sebuah aktivitas yang baik yang menyenangkan pikiran anda. Jangan berlama-lama terpuruk dalam hal yang tidak menyenangkan, hidup adalah untuk berbahagia. Dunia diciptakan dengan berbagai alternatif, jika menyenangkan dan baik (tidak melanggar) maka lakukan karena itu akan menyehatkan.

Rajin dan Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang mempunyai unsur baik, benar, teratur dan terukur. Dengan rutin dan rajin berolahraga maka aliran darah keseluruh tubuh menjadi lancar, pembuluh darah akan semakin elastis serta badan menjadi lebih bugar. Memang tidak semua orang suka berolahraga, mungkin karena melelahkan atau mungkin karena kesibukannya sehingga sulit untuk mengatur waktu untuk berolahraga. Olahraga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal mau, lakukan secara bertahap dan rutin maka berolahraga tidak akan terasa capek dan rasakan manfaatnya yang luar biasa.

Atur Pola Makan

Mengatur pola makan bukan berarti makan ini itu tidak boleh, boleh saja asal sewajarnya dan tidak terlalu banyak. Makanan yang sehat adalah makan yang banyak mengandung unsur vitamin dan serat, kalau bisa makanan yang banyak mengandung lemak, minyak jenuh, tinggi garam dan alkohol supaya dibatasi karena makanan-makanan ini sangat beresiko terhadap terjadinya penyakit tekanan darah tinggi.

Kontrol Rutin


Meskipun kondisi badan tidak sakit, mengontrol kesehatan merupakan salah satu tindakan pencegahan dalam mengantisipasi terjadinya penyakit tekanan darah tinggi dan komplikasinya. Mengontrol kesehatan bisa dilakukan ke Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan sarana kesehatan lainnya. Dengan mengontrol kesehatan secara rutin, maka anda akan bisa berkonsultasi dengan tenaga medis tentang kondisi kesehatan anda, tentang diet penyakit darah tinggi, dan tentang hal-hal lain yang berkenaan dengan penyakit darah tinggi secara khusus dan kondisi kesehatan tubuh anda secara umum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Solusi Penting yang Harus Kamu Tahu Dari Penderita Tekanan Darah Tinggi "

Posting Komentar