Saat Anda Bosan, Mungkin Anda Kurang Piknik? Ini 5 Manfaat Piknik Bagi Kesehatan




Manusia adalah makhluk yang dinamis, dengan artian bahwa manusia tidak akan menyukai hal-hal yang statis atau yang begitu-begitu saja tanpa sebuah perubahan. Akan tetapi secara realita, ada keadaan yang bersifat rutinitas yang harus manusia hadapi dalam aktivitas hidup sehari-harinya, dan tentunya hal ini akan menimbulkan kebosanan secara psikis terhadap kehidupan seseorang.

Dampak dari sifat bosan ini akan menimbulkan sifat pesimistis akan segala hal yang ada disekitarnya. Manusia akan malas untuk melanjutkan aktiitas jika dalam keadaan bosan, manusia akan menurun dalam tingkatan produktivitas juga dalam keadaan bosan dan terakhir akan mengalami yang namanya stres. Ada satu titik jenuh pada diri manusia yang tidak bisa ditolerir lagi kecuali dengan mendapatkan suasana baru.

Piknik atau berlibur merupakan salah satu solusi saat manusia mengalami kebosanan. Dengan berlibur, manusia akan mendapatkan suasan baru dan semangat baru dalam meningkatkan kinerja hidupnya. Berlibur merupakan kegiatan yang sederhana akan tetapi sangat membahagiakan. Dan tahukah anda, ternyata berlibur memiliki dampak yang luar biasa terhadap kesehatan anda, berikut 5 manfaat berlibur bagi kesehatan:


Secara Psikis

Secara psikis piknik atau berlibur memberikan dampak yang positif bagi psikis seseorang. Orang yang berlibur akan merasa bahagia, senang, tenang dan merasa “bebas” walau hanya sementara. Perasaan seperti sangat baik dalam menigkatkan kesehatan psikologi anda. Suasana yang menyenangkan seperti berlibur ini akan mampu meningkatkan kesehatan psikis seseorang.

Kesehatan Jantung

Dengan pikiran dan perasaan yang senang, maka tubuh akan meningkatkan hormon endorfin yang sangat baik untuk mengontrol kerja jantung dan pembuluh darah. Hormon ini mampu memberikan efek stabilitas terhadap kerja jantung dan pembuluh darah menjadi normal, akibatnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan stroke juga akan bisa di cegah dengan baik.

Memberikan Ide Baru

Ada masanya kreativitas manusia akan mengalami masa yang disebut keadaan buntu. Keadaan buntu seperti ini biasanya karena memori yang ada dalam hipocampuspada otak manusia mengalami overload.Ini jangan dipaksakan untuk tetap berfikir dan mencari ide baru dalam keadaan buntu. Berhentilah sejenak, berlibur dan bersenang-senaglah maka akan muncul ide dan kreativitas baru untuk keadaan yang lebih baik.

Kesehatan Otak

Berlibur akan memberikan waktu kepada organ otak untuk istirahat sejenak dari fungsinya sebagai “pemikir”. Organ otak juga mempunyai hak untuk beristirahat dan menikmati sesuatu yang baru dan menyenangkan, dan berlibur adalah pilihan yang tepat dalam memanjakan otak dari segala aktivitas sehari-hari yang kita lakukan. Kerja otak yang terforsir beresiko terhadap penuaan dini dan penyakit demensia lebih awal, manjakan otak anda dan berikan waktu untuk menikmati libura tanpa harus berfikir yang terlalu dalam.

Kesehatan Tubuh Secara Umum

Dengan piknik atau berlibur maka kesehatan tubuh anda akan semakin membaik. Bagaimana tidak, jika secara psikis mampu membuat kesehatan mental terjaga dengan baik dan memberikan energi baru ke dalam tubuh secara fisik, maka secara tidak langsung tubuh akan semakin sehat dan bisa terbebas dari gangguan penyakit-penyakit kronis. Jika bada secara fisik dan psikis dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun, maka aktivitas akan semakin meningkat, produktiffitas kerja juga akan membaik, fokus akan terjaga dan semangat dalam menjalani aktivitas hidup sehari-hari.

Pikknik atau berlibur adalah hak dari tubuh, baik secara fisik ataupun psikis. Penuhi hak itu maka akan mendapatkan dampak yang luar biasa terhadap kesehatan anda, setidaknya akan ada 5 manfaat berlibur untuk peningkatan status kesehatan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Anda Bosan, Mungkin Anda Kurang Piknik? Ini 5 Manfaat Piknik Bagi Kesehatan"

Posting Komentar