7 Manfaat Buah Kurma Yang Sangat Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia



Seperti kita ketahui bersama bahwa kurma adalah salah satu jenis tanaman dari jenis tanaman palma yang berasal dari Asia Tengah atau Timur Tengah. Buah kurma merupakan salah satu buah favorit untuk orang Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Buah kurma akan banyak kita jumpai saat Bulan Puasa Ramadhan dan Bulan Haji. Ada berbagai macam jenis kurma yang biasanya kita lihat dan ternyata semuanya baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Disamping rasanya yang manis, ternyata ada beberapa manfaat yang luar biasa yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi kurma secara rutin dan teratur. Terdapat banyak gizi yang sangat baik yang mampu menutrisi tubuh secara sempurna. Berikut 7 manfaat dari buah kurma yang perlu kita ketahui bersama dalam meningkatkan kesehatan tubuh manusia, yaitu:


Mengandung Banyak Vitamin

Didalam kurma terdapat berbagai macam vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh manusia, seperti vitamin A, vitamin B complek, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Beberapa vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme dan kestabilan fungsi organ. Sebagai contoh misalnya vitamin B complek yang mampu menjaga sistem persyarafan pada syaraf tepi manusia dan maningkatkan stamina. Begitu juga dengan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, vitamin merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga kestabilan proses metabolisme tubuh dan fungsi organ.

Sumber Kalori

Kandungan fruktosa yang ada dalam buah kurma menjadikan kurma sebagai salah satu makanan yang mampu meningkatkan energi manusia dalam beraktivitas. Fruktosa merupakan bagian dari jenis gula yang lansung menjadi makanan sel. Dalam prosesnya, konsumsi fruktosa tidak membutuhkan insulin dalam tubuh sehingga konsumsi buah kurma aman bagi penderita diabet (penyakit kencing manis). Sumber energy yang dihasilkan oleh buah kurma termasuk dalam golongan jangka panjang, artinya orang yang makan kurma lebih lama lapar disbanding orang yang makan nasi.

Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Untuk sistem pencernaan, buah kurma memiliki serat yang tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan proses pembuangan (defekasi) serta mampu meningkatkan prebiotik dalam usus sebagai calon sistem pertahanan tubuh (antibodi) pada manusia.

Tinggi Polifenol

Polifenol mampu menjaga kestabilan kerja jantung dan sistem pembuluh darah yang secara tidak langsung bisa menjaga tubuh kita dari penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke (CVA) bahkan penelitian terbaru mengatakan bahwa polifenol ini mampu mengurangi penyakit Alzheimer, Demensia dan Epilepsi.

Mampu Meningkatkan Trombosit Darah
 
Pada kasus demam berdarah yang biasanya ditandai dengan penurunan trombosit darah secara drastis, maka buah kurma atau sari kurma adalah pilihan yang tepat. Dikatakan dalam sebuah penelitian terbaru bahwa buah kurma mampu meningkatkan trombosit dalam darah hingga 25 persen dibanding dengan tanpa buah kurma yang hanya naik sekitar 8 persen.

Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kalium yang tinggi pada kurma mampu menjaga proses kelancaran oksigen ke otak yang dibawa melalui aliran darah. Dalam hal ini juga bisa memberikan dampak pada penurunan demensia pada usia lanjut.

Estetika

Kurma juga diyakini mampu menambah sistem ecantikan tubuh manusia, khususnya kulit pada wanita  dan pembentukan otot pada laki-laki. Kandungan asam salisilit mampu membersihkan kulit dari berbagai macam gangguan kulit seperti komedo, jerawat bahkan alergi. Sementara dalam hal pembentukan otot, protein yang tinggi pada kurma sangat baik dalam membentuk otot dan pembentukan badan.


Demikianlah 7 manfaat kurma yang sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai sekarang mari kita konsumsi kurma secara teratur demi kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Buah Kurma Yang Sangat Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar