5 Olahraga Ringan Dan Murah Ini Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia



Olahraga merupakan salah satu perilaku hidup sehat yang sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Hakikatnya, tubuh manusia membutuhkan sebuah aktifitas fisik dalam rangka membantu proses metabolisme tubuh, dan salah satunya adalah olahraga.

Banyak orang yang salah paham tentang masalah olahraga. Biasanya orang awam menyebut olahraga adalah semua aktivitas fisik yang mereka lakukakan, seperti pergi ke pasar, menyapu halaman, mencuci piring dan lain sebagainya. Aktivitas fisik berbeda dengan olahraga. Olahraga adalah aktivitas fisik, tapi aktivitas fisik belum tentu olahraga.

Ada beberapa unsur  dan tujuan yang membedakan aktifitas fisik dengan olahraga. Tujuan dari olahraga adalah peningkatan kesehatan tubuh dan kebugaran, sementara unsur-unsurnya harus benar, baik, teratur dan terukur. Benar dalam artian dengan menggunakan gerakan yang benar sesuai panduan atau instruktur yang berlaku, baik member makna bahwa olahraga harus memberikan efek yang baik terhadap tubuh, bukan malah membuat sakit atau menciderai tubuh, teratur adalah dilakukan secara teratur, terjadwal dan rutin dilakukan, dan unsur terakhir adalah terukur yang maksudnya adalah harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh, jangan dipaksakan dan tidak melampaui batas kemampuan.

Dalam aktifitas kita sehari-hari, ada berbagai macam bentuk olahraga yang sangat ringan, murah dan sangat bermanfaat untuk meyehatkan tubuh kita, berikut penjelasan  5 olahraga yang ringan dan murah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya:



Jalan Kaki

Semua orang pasti bisa melakukan jalan kaki kecuali sedang sakit atau ada masalah pada organ mobilisasinya (kaki). Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat ringan, murah dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Jalan kaki mampu membantu proses metabolisme tubuh dengan baik, mampu membakar kalori tubuh dengan sempurna serta mampu meningkatkan daya ingat seseorang dengan cara melancarkan aliran darah ke dalam hippocampusyang ada di dalam otak. Hippocampusmerupakan memori internal manusia dalam mengingat segala hal yang terjadi pada manusia.

Berlari

Berlari merupakan salah satu olahraga yang menurut sebagian orang ringan, murah dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Memang tidak semua orang tidak suka berlari karena mungkin memang agak capek. Tapi, kita harus mencobanya sesuai kemapuan kita karena dengan berlari aktifitas metabolisme dan pembakaran kalori dan lemak semakin tinggi. Orang yang suka berlari biasanya sistem pernafasan akan lebih baik dan lebih kuat daripada orang yang tidak suka berlari. Anda bisa membuktikan dalam test spirometer, suatu test untuk mengetahui kemampuan paru dalam mengatur keluar masuknya oksigen.

Push Up

Ini adalah olahraga yang mobilisasinya rendah tapi sangat baik untuk kekuatan otot tangan dan pernafasan. Push up adalah olahraga yang memadukan konsentrasi dan fisik demi sebuah hasil yang maksimal. Minimal anda lakukan 10 kali setiap sholat, berarti 50 kali setiap hari maka anda akan merasakan hasil dari push up ini.

Sit Up

Olahraga ini menekankan pada pergerakan pinggul dan perut, lakukan bersamaan saat anda melakukan push up. Jika menginginkan pembentukan perut yang six pack dan kemampuan ekstra dalam bercinta, mulai sekarang rutinkanlah melakukan sit up.

Angkat Beban

Angkat beban tidak harus mahal, anda bisa membeli dengan harga yang murah atau bisa membuatnya sendiri dengan pasir dan semen. Fokus dari angkat beban adalah otot bisep dan trisep serta pernafasan, dalam prosesnya diusahakan ada instruktur atau panduan serta disesuaikan dengan kemampuan otot dalam mengangkat beban, demi hasil maksimal dan tidak salah dalam pelaksanaannya.

5 Olahraga diatas adalah ringan, murah dan mudah dilakukan. Sekarang tinggal mau dan nggak nya kita melakukan olahraga secara baik, benar, teratur dan terukur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Olahraga Ringan Dan Murah Ini Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar