Perawat Sering Mengalami Stres Saat Bekerja? Cobalah 5 Tips Efektif Berikut Ini





Kehidupan manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah lepas dari suatu permasalahan. Ada saja masalah yang datang meskipun kita sudah berusaha secara maksimal untuk menjadi manusia yang baik dan hati-hati. Selama manusia masih hidup, suatu permasalahan merupakan hal yang wajar dan harus kita hadapi. Ada yang mengatakan, manusia akan semakin dewasa ketika sering dihadapkan pada suatu masalah tergantung pada managemen stres dan koping mekanisme dari seseorang dalam merespon masalah yang ada.

Ada banyak situasi dan kondisi yang mampu menghadirkan sebuah permasalahan bagi kita, diantaranya adalah lingkungan kerja. Tanpa kita sadari, lingkungan tempat kita bekerja sering membuat kita stres dan merasa terbebani. Disana akan ada beberapa macam problem, mulai dari kebijakan pimpinan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita, teman sejawat yang egois dan sulit diajak kerjasama ataupun sistem kerja yang memberatkan kita dan sebagainya.

Perawat selaku tenaga kesehatan yang profesional harus mampu menghandlemasalah ini. Sebagai manusia biasa, terkadang perawat juga akan mengalami titik jenuh yang luar biasa saat bekerja. Perawat harus mewaspadai hal ini, karena yang akan menjadi korban adalah pasien dengan resiko yang amat fatal jika terjadi kesalahan (Morbidity, Disability, Mortality).

Ada beberapa hal yang  bisa membantu perawat dalam menangani masalah stres pekerjaan, berikut 5 Tips efektif dalam menangani stres saat bekerja:


Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Jika ada suatu pekerjaan yang menjadi tanggungjawab anda saat ini, maka segeralah untuk diselesaikan dengan baik dan penuh tanggungjawab. Menunda pekerjaan hanya akan menambah beban kerja anda dan itu sangat berpengaruh terhadap keadaan psikis anda. Perawat yang baik tidak akan menunda-nunda pekerjaannya karena bagi mereka waktu adalah nyawa. Perawat akan benar-benar efektif dan efeisien dalam memanfaatkan waktu.

Berani Berkata "TIDAK"

Perawat harus berani berkata “tidak” jika pekerjaan yang dilimpahkan tidak mampu untuk dilakukan, jangan hanya mengiyakan tapi pada akhirnya akan terbengkalai dan menjadi beban psikis anda. Pekerjaan yang menyenangkan akan meningkatkan gairah kerja dan anda akan semakin fokus dalam peningkatan kinerja.

Luangkan Waktu Untuk Menikmati Liburan

Perawat adalah manusia biasa yang terkadang sudah tidak mampu lagi membendung stresor yang ada. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut sehingga menyebabkan perawat tidak fokus dan tidak ada minat lagi dalam bekerja. Sesekali, luangkan waktu anda untuk berlibur dan menikmati hobby yang anda inginkan, ini akan menambah suasana baru dan semangat baru dalam bekerja.

Membiasakan Positive Thingking

Positif thingking atau Husnuddhan atau berpikir posistif merupakan bentuk kebaikan yang menggambarkan perbuatan yang selalu melihat sesuatu permasalahan yang ada dari segi baik dan positifnya. Orang yang positive thingking akan supel dalam bergaul, terbuka, komunikatif dan suka bergaul dengan orang lain. Begitu juga dengan Perawat, mereka akan terbuka secara profesional terhadap teman sejawat dan mampu memberikan perawatan prima kepada pasien.

Menikmati Apa Yang Terjadi Saat Ini

Menerima apa adanya merupakan bagian dari suatu perbuatan yang mampu mengurangi stres. Perawat yang seperti ini biasanya tidak muluk-muluk dan selalu mensyukuri apa yang ada. Entah itu dalam tugas ataupun balasan jasa berupa gaji dan tunjangan, perawat tipe seperti ini akan selalu bersyukur dan menikmatinya. Perlu kita ketahui bersama bahwa sebenarnya stres muncul saat kita mempunyai suatu ekspektasi yang terlalu tinggi akan tetapi tidak sesuai kenyataan.

Sebagai seorang perawat, sebisa mungkin kita harus mampu mengendalikan stresor yang ada demi kepuasan pasien. Akan tetapi, perawat hanyalah manusia biasa yang juga ada keterbatasan. Jika anda sedang dalam titik puncak sebuah kejenuhan, cobalah 5 Tips Efektif dalam mengatasi stres saat bekerja ini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perawat Sering Mengalami Stres Saat Bekerja? Cobalah 5 Tips Efektif Berikut Ini"

Posting Komentar