Mangga, Sungguh Luar Biasa Manfaatmu! 8 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan



Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat nikmat apabila kita konsumsi, baik di siang hari ataupun saat malam hari. Disamping rasanya yang manis, buah mangga juga banyak mengandung air sehingga benar-benar meredakan rasa haus saat kita makan. Buah ini sering kita jumpai di pasar dan toko buah lainnya, dengan harga yang relatif murah, buah mangga merupakan salah satu buah yang yang tidak sulit kita dapatkan. Penyajiannya pun tidak sulit, bisa dimakan langsung, di jus ataupun dikombinasikan dengan berbagai macam makanan lainnya.

Banyak dari masyarakaat kita yang belum tahu bahwa buah mangga memiliki banyak khasiat yang begitu fenomenal dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit ganas. Salah satu contohnya adalah mencegah penyakit mematikan seperti kanker dan penyakit jantung misalnya. Menjadi suatu terobosan terbaru bagi kita semua, buah yang yang mudah kita dapatkan dengan harga yang begitu murah mampu menjaga kesehatan tubuh manusia dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit mematikan.

Ada beberapa manfaat dari buah mangga untuk kesehatan tubuh manusia yang perlu kita ketahui bersama, berikut 8 manfaat sederhana nan menyehatkan dari si buah mangga dan penjelasannya untuk anda, diantaranya adalah:



Kandungan Serat

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah mangga mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Dengan serat yang tinggi maka kerja dari sistem pencernaan akan menjadi ringan dan proses defekasi (pembuangan) akan semakin lancar. Seseorang yang mengalami masalah dalam proses pembuangan yang berupa baung air besar yang mengeras (konstipasi) ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi buah mangga untuk melancarkan, karena konstipasi kronis akan meningkatkan resiko terjadinya wasir hingga kanker anus.

Kandungan Vitamin

Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam buah mangga, akan tetapi yang paling menonjol adalah vitamin A dan vitamin C. kandungan vitamin A sangat baik untuk indera penglihatan dalam menjaga dan menstabilkan bola mata kita. Sementara, vitamin C mampu menjaga stamina tubuh manusia dan bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh manusia.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan beberpa vitamin dan mineral nabati yang ada di dalam buah mangga mampu meningkatkan produksi prebiotik di dalam usus manusia yang selanjutnya akan menjadi antibodi dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri. Pembentukan prebiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dalam rangka sebagai bakal sistem pertahanan tubuh.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium nabati yang ada pada buah mangga mampu merangsang pembentukan matriks tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi eksresi kalsium, sehingga pembentukan tulang dan gigi, khususnya untuk anak-anak di dalam masa pertumbuhan menjadi lebih maksimal.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Buah mangga memiliki zat yang mampu menghancurkan kolestrol jahat. Disamping itu, kandungan kalium yang tinggi pada buah mangga mampu menstabilkan natrium dalam darah, yang mana kita kita tahu bahwa natrium yang berlebihan akan meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah pada manusia. Salah satu contoh penyakit akibat kelebihan natrium ini adalah penyakit darah tinggi yang bisa berefek pada stroke. Dengan kalium yang tinggi, maka resiko terjadinya penyakit darah tinggi, stroke dan penyakit jantung lainnya bisa dicegah.

Meningkatkan Stamina

Kandungan Vitamin E yang tinggi pada buah mangga mampu meningkatkan kemampuan berhubungan suami istri dan menstabilkan produksi sperma yang lebih lebih berkualitas.

Estetika

Selain untuk kesehatan, buah mangga juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin A dan senyawa hasil fermentasi dari buah mangga mampu membersihkan jerawat dan komedo, jadi kalau ada mitos bahwa mengkonsumsi buah mangga akan menimbulkan jerawat itu salah besar karena hakikatnya buah mannga justru baik untuk kesehatan kulit.

Baik Untuk Janin Dan Ibu Hamil

Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin B6 mampu meminimalkan gangguan kecacatan fisik pada janin serta meningkatkan kemampuan sistem persyarafan pada janin menjadi lebih baik. Sedangkan kandungan folat pada buah mangga mempu memberikan kekuatan fisik selama proses kehamilan sampai persalinan kepada ibu hamil.


Demikianlah 8 manfaat penting dari buah  mangga, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah mangga yang ternyata sangat bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mangga, Sungguh Luar Biasa Manfaatmu! 8 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan"

Posting Komentar