Bengkoang, Si Umbi Yang Berkualitas! 9 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan



Bengkoang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat mudah kita temukan di Indonesia, kita sering melihat bengkoang ini di pasar dan toko buah dari berbagai jenis dan olahannya. Disamping rasanya yang segar, bengkoang juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa di manfaatkan untuk kecantikan dan beberapa make up. Bengkoang bisa dimakan secara langsung atau dikombinasikan dengan beberapa olahan dan masakan tertentu, entah itu bisa dibuat rujak, jus ataupun olahan makanan lainnya

Kadang kita merasa sepele dengan bengkoang ini, padahal ternyata jenis umbia-umbian yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang luat biasa dalam meningkatkan derajat kesehatan manusia dari berbagai jenis umur. Bengkoang memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat lengkap dalam meningkatkan dan melindungi tubuh manusia dari segala penyakit dan gangguan dari luar.

Berikut ini kami paparkan 9 manfaat dari bengkoang yang harus kita ketahui bersama demi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:



Kandungan Serat

Kandungan serat yang tinggi di dalam bengkoang mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Dengan serat yang tinggi maka kerja dari sistem pencernaan akan menjadi ringan dan proses defekasi (pembuangan) akan semakin lancar. Seseorang yang mengalami masalah dalam proses pembuangan yang berupa baung air besar yang mengeras (konstipasi) ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi buah bengkoang untuk melancarkan, karena konstipasi kronis akan meningkatkan resiko terjadinya wasir hingga kanker anus.

Estetika Dan Kecantikan

Selain untuk kesehatan, bengkoang juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin A dari bengkoang mampu membersihkan jerawat dan komedo, jadi kalau ada mitos bahwa mengkonsumsi bengkoang akan menimbulkan jerawat itu salah besar karena hakikatnya buah mannga justru baik untuk kesehatan kulit. Disamping itu, bengkoang memiliki kandungan fitoestrogen yang mampu mempertahankan kesehatan kulit supaya tidak terjadi penuaan dini, terutama untuk wanita yang mengalami menopause.

Kandungan Vitamin

Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam bengkoang, akan tetapi yang paling menonjol adalah vitamin A dan vitamin C. kandungan vitamin A sangat baik untuk indera penglihatan dalam menjaga dan menstabilkan bola mata kita. Sementara, vitamin C mampu menjaga stamina tubuh manusia dan bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh manusia.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan beberpa vitamin dan mineral nabati yang ada di dalam bengkoang mampu meningkatkan produksi prebiotik di dalam usus manusia yang selanjutnya akan menjadi antibodi dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri. Pembentukan prebiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dalam rangka sebagai bakal sistem pertahanan tubuh.

Mengatasi Panas Dalam Dan Sariawan

Kandungan air yang banyak serta vitamin C mampu menyembuhkan panas dalam dan sariawan pada manusia. Salah satu penyebab sariawan adal kurangnya vitamin dan konsumsi air.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Bengkoang memiliki zat yang mampu menghancurkan kolestrol jahat dan menstabilkan kolestrol baik dalam tubuh. Disamping itu, kandungan kalium yang tinggi pada buah bengkoang mampu menstabilkan natrium dalam darah, yang mana kita kita tahu bahwa natrium yang berlebihan akan meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah pada manusia. Salah satu contoh penyakit akibat kelebihan natrium ini adalah penyakit darah tinggi yang bisa berefek pada stroke. Dengan kalium yang tinggi, maka resiko terjadinya penyakit darah tinggi, stroke dan penyakit jantung lainnya bisa dicegah.

Meningkatkan Kualitas Stamina
    
Kandungan Vitamin E yang tinggi pada buah bengkoang mampu meningkatkan libido dan menstabilkan produksi sperma yang lebih lebih berkualitas. Disamping itu, vitamin E juga berfungsi dalam peremajaan sel.

Baik Untuk Janin Dan Ibu Hamil

Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin B6 mampu meminimalkan gangguan kecacatan fisik pada janin serta meningkatkan kemampuan sistem persyarafan pada janin menjadi lebih baik. Sedangkan kandungan folat pada buah bengkoang mempu memberikan kekuatan fisik selama proses kehamilan sampai persalinan kepada ibu hamil.

Obat Alami Untuk Penyakit Gula

Kandungan serat yang tinggi serta air yang banyak, mampu meningkatkan proses metabolism dari karbohidrat dan gula dalam darah.

Demikianlah 9 manfaat penting dari buah  bengkoang, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah bengkoang yang ternyata sangat bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bengkoang, Si Umbi Yang Berkualitas! 9 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan"

Posting Komentar