11 Manfaat Yang Luar Biasa Dari Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Buah anggur merupakan salah satu buah yang sangat mudah kita temukan di Indonesia, kita sering melihat buah ini di pasar dan toko buah dari berbagai jenis buah anggur. Disamping rasanya yang manis, anggur juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa di manfaatkan dalam keadaan apapun, terlebih kalau sudah matang. Penyajiannya bisa dimakan secara langsung, bisa di jus atau dengan modifikasi makanan lainnya.

Kadang kita merasa sepele dengan buah anggur ini, padahal ternyata buah yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan derajat kesehatan manusia dari berbagai jenis umur. Buah anggur memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat lengkap dalam meningkatkan dan melindungi tubuh manusia dari segala penyakit dan gangguan dari luar. Bahkan, buah anggur dikenal di Eropa sejak 6.000 tahun silam dan merupakan minuman yang paling terkenal setelah di fermentasi.

Berikut ini kami paparkan 11 manfaat dari buah anggur yang harus kita ketahui bersama demi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:



Antioksidan

Kandungan Polifenol dan Resveratol pada anggur ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal radiasi dan radikal bebas. Kita sangat tidak bisa menyadari dan merasakan bahwa sebenarnya tubuh kita setiap hari menerima paparan radiasi radikal bebas yang sangat menunjang terjadinya kanker. Orang yang sering mengkonsumsi anggur mampu memberikan penawar terhadap terjadinya pancaran radikal bebas yang berujung pada kanker.

Kandungan Serat

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah anggur mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Dengan serat yang tinggi maka kerja dari sistem pencernaan akan bertambah ringan dan proses defekasi(pembuangan) akan semakin lancar. Seseorang yang mengalami masalah dalam proses pembuangan yang berupa buang air besar yang mengeras (konstipasi) ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi buah anggur. Konstipasi kronis akan meningkatkan resiko terjadinya wasir hingga kanker anus.

Antimikroba Alami

Buah anggur memiliki kandungan Piceatannolyang ternyata mempu membunuh bakteri dan kuman. Hal itu diteliti oleh University of Yale bahwa kandungan Piceatannol ini mampu membunuh bakteri dan kuman secara alami. Ini merupakan kabar yang bagus bagi kita semua, disamping rasanya yang enak ternyata anggur memiliki kandungan obat alami yang baik.

Kandungan Vitamin

Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam buah anggur seperti vitamin K dan vitamin C. kandungan vitamin K sangat baik untuk membantu proses pembekuan pada saat seseorang mengalami luka atau perdarahan, vitamin K merupakan salah satu vitamin yang mudah larut dalam lemak. Sementara, vitamin C mampu menjaga stamina tubuh manusia dan bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh manusia.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan beberpa vitamin dan mineral nabati yang ada di dalam buah anggur mampu meningkatkan produksi prebiotik di dalam usus manusia yang selanjutnya akan menjadi antibody dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri. Pembentukan prebiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dalam rangka sebagai bakal sistem pertahanan tubuh.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium nabati yang ada pada buah anggur mampu merangsang pembentukan matriks tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi eksresi kalsium, sehingga pembentukan tulang dan gigi, khususnya untuk anak-anak di dalam masa pertumbuhan menjadi baik dan sempurna.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan Resveratrol yang tinggi pada buah anggur mampu menstabilkan natrium dalam darah dan menghancurkan emboli yang menyumbat pada pembuluh darah, yang mana kita kita tahu bahwa peningkatan natrium yang berlebihan dan emboli ini akan meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah pada manusia. Salah satu contoh penyakit akibat kelebihan natrium dan penyumbatan ini adalah penyakit darah tinggi yang bisa berefek pada stroke. Dengan Resveratrol yang tinggi, maka resiko terjadinya penyakit darah tinggi, stroke dan penyakit jantung lainnya bisa dicegah.

Menjaga Kesehatan Mata

Ada sebuah ungkapan bahwa mata adalah jendela dunia, tanpa mata maka hidup akan terasa hampa. Kandungan Luthein dan Zexanthine pada buah anggur mampu menjaga kestabilan mata dalam merangsang pembentukan cairan pada mata sehingga fungsi mata bisa tetap terjaga dengan baik.

Menjaga Berat badan Ideal

Seperti yang pernah dilakukan dalam sebuah penelitian di California, bahwa buah anggur memiliki jumlah kalori yang cukup rendah dan sangat baik untuk program diet. Jadi, mulailah untuk berolahraga dan menjadikan buah anggur sebagai salah satu menu diet anda.

Membantu Penyembuhan Luka

Protein Nabati dan beberapa vitamin yang ada pada buah anggur mampu membantu proses penyembuhan luka secara topikal. Caranya dengan menumbuk buah anggur dan meletakkannya pada derah luka atau mengkonsumsi secara teratur, begitu menurut penelitian terbaru yang ada di Jerman.

Estetika dan Kecantikan Alami

Selain untuk kesehatan, buah anggur juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C, vitamin E dan senyawa hasil fermentasi dari buah anggur mampu membersihkan jerawat dan komedo serta mampu melembabkan kulit, salah satu produk dari buah anggur adalah sabun kecantikan dan masker anggur.


Demikianlah 11 manfaat buah anggur yang harus kita ketahui bersama demi menjaga kesehatan kita, semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Yang Luar Biasa Dari Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar