Jangan Meremehkan Buah Pisang, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia



Ada sebagian orang yang anti terhadap buah pisang, entah mengapa sebagian orang ini benar-benar tidak mau dengan buah pisang, dan ini sah-sah saja, karena ini adalah tentang selera dan hak mereka atau mungkin karena mereka belum mengerti tentang kandungan gizi yang ada di dalam buah pisang.

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat komplek dengan kandungan gizi seperti vitamin, mineral, potasium, asam folat, serat, kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan lain sebagainya. Kandungan nutrisi yang begitu kompleks ini, tidak semuanya  ada dalam semua buah-buahan yang lainnya. Dengan kandungan yang kompleks ini pula, buah pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Yakin masih belum mau dengan buah pisang?well, mari kita bahas satu persatu tentang 7 manfaat dari kandungan buah pisang untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya:


Sebagai Sumber Kalori

Buah pisang mengandung glukosa yang baik untuk pembentukan kalori (energi) pada tubuh manusia. Dalam melakukan aktivitas atau proses metabolisme sel, manusia membutuhkan glukosa sebagai nutrisi sel dalam melakukan proses metabolisme tubuh ataupun beraktivitas. Dengan terpenuhinya glukosa dalam darah maka segala aktivitas sel akan berjalan dengan baik.

Nutrisi Otak

Asam folat yang ada di dalam pisang sangat baik untuk peningkatan kecerdasan janin atau seorang bayi. Disini kita baru menyadari tentang kebiasaan orang dulu dalam memberikan makanan kepada bayi-bayi mereka, secara aturan pemberian ASI mungkin suatu kesalahan karena belum waktunya memberikan makanan tambahan berupa pisang untuk seorang bayi, akan tetapi jika ditinjau dari salah satu kandungan yang berada di dalam buah pisang yang berupa asam folat ini yang ternyata mampu meningkatkan kecerdasan seorang anak. Dalam hal ini, kita ambil jalan tengahnya saja, memberikan buah pisang pada anak sesuai aturan yang berlaku demi kebaikan saluran pencernaan si bayi.

Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia merupakan suatu istilah yang dihubungkan dengan kurangnya zat besi dalam darah yang biasanya ditandai dengan letih, lesu, lemas dan lunglai. Dalam buah pisang, salah satu kandungannya adalah zat besi yang sangat bermanfaat meningkatkan zat besi dalam darah sehingga darah menjadi normal dan tidak anemia lagi.

Membantu Proses Pencernaan

Kesehatan seseorang selalu dihubungkan dengan sistem pencernaan yang baik, semakin baik pencernaan seseorang maka semakin baik pula kesehatan seseorang, begitu juga sebaliknya. Salah satu factor yang mampu menjaga kestabilan sistem pencernaan adalah makanan yang tinggi serat seperti pisang. Dengan kandungan pisang yang tinggi serat ini akan mampu meningkatkan kinerja sitem pencernaan dalam mengkonsumsi, menyerap dan mebuang sisa makanan dengan baik.

Menu Diet Yang Baik

Kandungan kalium, kalsium dan magnesium dalam buah pisang ternyata mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh manusia menjadi lebih baik. Dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, maka lemak yang ada didalam tubuh akan mengalami proses katabolisme atau penguraian untuk menjadi energi.

Menambah Nafsu Makan

Kandungan nutrisi yang lengkap serta rasanya yang manis akan meningkatkan nafsu makan seseorang menjadi lebih baik. Buah pisang juga bisa diolah menjadi beraneka ragam  bentuk dan rasa makanan yang bisa menggugah selera makan seseorang.

Meningkatkan Sistem Pertahanan Dan Stamina Tubuh

Sistem pertahanan tubuh manusia yang biasanya kita kenal sebagai Antibodi ini akan meningkat ketika sesorang mengkonsumsi buah pisang. Sistem pertahanan tubuh akan terbentuk dengan sediaan glukosa yang cukup dalam sel manusia. Beberapa kandungan vitamin yang ada di dalam buah pisang akan menjaga stamina anda agar tetap selalu kuat dan tidak mudah loyo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Meremehkan Buah Pisang, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar