8 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia





Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat nikmat untuk kita konsumsi. Buah cantik ini memiliki rasa yang manis bercampur kecut, segar sekali rasanya menikmati buah yang satu ini. Banyak sekali manfaat buah apel yang biasanya dimanfaatkan untuk program diet dan kecantikan.

Tapi tahukah anda, ternyata disamping untuk program diet dan kecantikan, ternyata buah apel memiliki beberapa manfaat yang sangat peting untuk kesehatan tubuh manusia, berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat penting untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya:


Memperbaiki Sistem Pencernaan

Apel memberikan efek yang sangat sempurna untuk meningkatkan saluran sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada dalam apel mampu meringankan kinerja dari lambung dan saluran pencernaan yang lain, sehingga proses pembuangan akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Disamping itu, kandungan vitamin yang ada di dalam apel akan merangsang pembentukan prebiotik dalam di dalam usus.

Antioksidan

Kandungan beberapa vitamin dan atitoksin yang ada di dalam buah apel di percaya mampu menangkal paparan radiasi bebas dan beberapa faktor penunjang dari penyebab kanker. Pembentukan antioksidan di dalam tubuh oleh buah apel secara langsung mampu memberikan dampak yang luar biasa dalam menangkal terjadinya kanker di dalam tubuh manusia.

Memperbaiki Tulang dan Gigi

Pembentukan tulang dan gigi memerlukan kalsium yang tinggi di dalam tubuh. Apel mampu memberikan perangsangan produksi kalsium dalam tubuh semakin meningkat. Disamping itu, kandungan kalsium juga banyak terdapat pada buah apel sendiri. Jika kebutuhan kalsium dalam tubuh terpenuhi, maka pembentukan tulang dan gigi juga akan sempurna.

Mengontrol Gula Darah

Meskipun rasa dari buah apel adalah manis bercampur kecut, tapi ternyata buah apel juga mampu mengontrol gula hasil metabolisme karbohidrat di dalam darah denga baik. Kandungan Asam Galacturonic di dalam buah apel mampu merangsang produksi insulin dalam pankreas. Insulin merupakan salah satu hormon yang dikeluarkan oleh sel beta pulau langerhans yang ada di dalam pankreas yang berfungsi untuk mengontrol peningkatan gula di dalam darah.

Menyehatkan Jantung

Kandungan Fenolik yang paling banyak terdapat pada kulit apel ternyata mampu menjaga kelenturan pembuluh darah dan meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih baik. Jika jantung dan pembuluh darah mampu terjaga dengan baik, maka penyakit jantung dan pembuluh darah seperti penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner bahkan stroke (CVA) tidak akan terjadi. Masih ingin membuang kulit apel? Hehehe..

Mengontrol Kolestrol Jahat

Didalam tubuh manusia ada kolestrol jahat (LDL) dan kolestrol baik(HDL). Kandungan serat dalam buah apel mampu menghancurkan penumpukan LDL dalam tubuh manusia. Jadi, bagi penderita hiperkolestrolemia jangan ragu untuk mengkonsumsi apel secara rutin dan teratur.

Memperbaiki Sistem Penglihatan

Penelitian terbaru mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin mampu memperbaiki sistem penglihatan manusia meningkat menjadi 15 persen dari orang yang tidak mengkonsumsi buah apel. Penelitian ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap dunia kesehatan, khususnya dunia penglihatan.

Mengobati Wasir

Proses terjadinya wasir dikarenakan pembengkakan yang terjadi pembuluh darah hemoridalis yang ada di dalam anus. Salah satu penyebab dari pembengkakan ini adalah dikarenakan terlalu kerasnya tinja yang dikeluarkan akibat kurang serat dan kurang minum. Di dalam buah apel yang banyak mengandung serat dan air sangat mampu membantu dalam pencegahan terjadinya wasir pada manusia.

Demikianlah 8 manfaat dari mengkonsumsi apel secara rutin dan teratur, mulai sekarang rutinkanlah mengkonsumsi buah apel secara teratur demi kesehatan tubuh kita, semoga bisa memberikan manfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar