7 Manfaat Jahe bagi Mereka Yang Ingin Sehat



Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat. Bisa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bisa dibuat minuman denngan wedang jahenya, dan juga bisa dibuat sebagai bebarapa makanan penggugah selera lainnya saat anda menginginkan beberapa variasi makanan.

Terlepas dari beberapa fungsi jahe yang biasa kita lihat di dalam beberapa makanan, ternyata jahe sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh manusia, entah dalam keadaan disedu, serbuk ataupun diolah dengan beberapa variasi makanan tergantung kebutuhan dan selera kita dalam memanfaatkan jahe ini.

Jika anda ingin lebih sehat, maka memanfaatkan obat-obatan alami lebih baik daripada harus dengan obat kimia. Dan jahe adalah salah satu jenis obat alami yang sangat mudah kita peroleh dan kita manfaatkan. Berikut 7 manfaat jahe bagi mereka yang ingin selalu tampil sehat:



Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu zat yang mampu dalam menghambat proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas yang ada dimana-mana. Di dalam jahe, banyak sekali mengandung antioksidan sehingga bisa dan mampu mencegah terjadinya beberapa akibat dari radikal bebas, sebut saja salah satu contohnya adalah kanker. Penyebab utama kanker memang belum ditemukan secara pasti, tapi paparan radiasi da radikal bebas memberikan prosentase paling banyak dalam menjadikan sebagai faktor penunjang dari terjadinya kanker.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Jahe juga mampu memeberikan efek yang luar biasa dalam meningkatkan kinerja sistem pencernaan khususnya usus. Usus yang berfungsi sebagai penyerapan hasil makanan akan bisa lebih maksimal dengan mengkonsumsi jahe. Disamping itu, jahe mampu meningkatkan metabolisme protein di dalam sistem pencernaan dan mampu membunuh kuman yang ada di dalam salura pencernaan.

Dekongestan Alami

Jahe mamiliki zat dekongestan alami yang mampu melegakan tenggorokan saat kita sedang mengalami pilek dan hidung buntu. Anda bisa memanfaatkan jahe dengan cara disedu dengan air hangat maka anda akan merasakan kehangatan yang akan menyebabkan hidung terasa plong dan sistem pernafasan terasa lega. Penyakit asma juga diyakini mampu ditolong dengan mengkonsumsi jahe secara teratur.

Penurun Panas Alami

Saat anda sedang mengalami badan yang meriang dan terasa panas, maka jahe adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan panas tubuh anda. Jahe akan meningkatka sistem metabolisme tubuh yang mampu memberikan efek terhadap termoregulator dalam tubuh sehingga tubuh akan berusaha untuk menormalkan suhu tubuh sesuai kondisi suhu normal.

Menetralisir Asam Lambung

Peningkatan produksi asam lambug akan menyebabkan rasa mual bahkan muntah. Solusinya adalah dengan menngontrol produksi asam lambung atau menetralisir menjadi basa dan normal. Jahe mampu menetralisir produksi asam lambung yang terlalu banyak, sehingga wajar kalau orang yang mual bisa sembuh dengan meminum air jahe.

Meningkatkan Nafsu Makan

Saat anda mengalami penurunan nafsu makan, cobalah dengan mengkonsumsi jahe sebagai penawarnya. Dengan mengkonsumsi jahe yang banyak mengandung berbagai zat alami, ternyata mampu meningkatkan nafsu makan secara baik dan sempurna, sehingga anda tampak sehat dan segar setiap hari.

Anti Nyeri Alami

Saat anda mengalami luka tentunya akan merasa sakit dan perih, beruntungnya jahe memiliki kandunga anastesi alami yang mampu mengurangi rasa nyeri pada luka yang anda rasakan. Disamping itu, jahe juga bermanfaat untuk menurunkan rasa sakit akibat menstruasi pada wanita.

Jika ada obat yang alami, mengapa harus mencari yang kimia? Jahe adalah salah satu obat alami yang sangat bermanfaat dalam mengurangi berbagai masalah dan penyakit yang menimpa manusia. 7 manfaat dari jahe ini semoga bisa membantu anda dalam memanfaatkan obat alami yang ada disekitar anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Jahe bagi Mereka Yang Ingin Sehat"

Posting Komentar