Pekerjaanmu Jangan Menjadi Faktor Penyebab Sakitmu



Bekerja merupakan salah faktor penentu harga diri seseorang yang sudah dianggap dewasa. Dalam tatanan sosial, secara tidak lansung pekerjaan sangat mempengaruhi posisi seseorang dalam kedudukan sosial. Ada banyak fakta dan fenomena dalam hal pekerjaan, seperti mialnya mau menikah, calon mertua akan melihat pekerjaan dari calon menantunya, contoh lain orang akan lebih segan dengan orang yang berpangkat daripada pekerja kasar, semuanya kembali pada diri kita masing-masing, tapi mau tidak mau seperti itulah perspektif sosial tentang suatu pekerjaan.

Lepas dari itu semua, dalam proses bekerja kita harus memperhatikan beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita, baik secara fisik ataupun psikis kita. Pekerjaan adalah suatu hal positif jangan sampai menjadi negatif hanya gara-gara salah dalam memanage atau mengatur pekerjaan itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan supaya kita tetap sehat saat bekerja yang nantinya akan berdampak positif bagi kita, terutama efek kepuasan dan peningkatan produktivitas, berikut diantarnya:


Patuhi SOP

Standart Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan dalam melakukan suatu pekerjaan, dan setiap pekerjaan pasti ada SOP nya. Fungsi SOP adalah sebagai panduan dari tahapan-tahapan pekerjaan secara efektif dan efisien serta sebagai bukti hukum secara tertulis.
Dengan mematuhi SOP maka pekerjaan kita akan efektif dan efisien, tidak molor dan keluar dari jalur pekerjaan kita. Pekerjaan yang molor dan tidak selesai akan membuat pikiran stress dan capek pada fisik. Maka dari itu, lakukan pekerjaan sesuai SOP yang ada.

Fokus Pada Tugas

Dengan fokus pada tugas dari pekerjaan kita, maka kita akan cepat menyelesaikan pekerjaan dan bisa beristirahat. Jangan sok pahlawan dengan membantu pekerjaan orang lain, setiap pekerjaan sudah ada penanggungjawab dan tugas masing-masing. Membantu sekedarnya saja bukan menyelesaikan masalah pekrjaan orang lain, fokuslah pada pekerjaan diri anda demi kesehatan tubuh anda.

Prioritas Masalah

Klasifikasikan tugas pokok dan penunjang dalam pekerjaan anda. Dengan memprioritaskan masalah maka kita akan dengan mudah bisa melakukan intervensi dan penyelesaian dengan sempurna. Ada  tugas dari pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini juga, tapi ada juga tugas pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja. Lakukan klasifikasi ini demi memudahkan tugas pekerjaan anda.

Ini juga berlaku pada orang yang selalu membawa pekerjaan ke rumah mereka, jangan lakukan itu! Urusan pekerjaan di kantor dan di rumah adalah untuk keluarga tercinta, maka dari tu sekali lagi klasifikasikan dengan baik pekerjaan anda.

Senangi Pekerjaanmu

Jangan pernah terpaksa melakukan pekerjaan yang anda lakukan saat ini. Dengan terpaksa maka akan menjadi stressor pada psikis anda dan kalau dibiarkan akan menjadi bahaya yang luar biasa, baik secara fisik, psikis ataupun produktivitas kerja.

Temuan terbaru mengatakan bahwa ternyata stress juga bisa menjadi penyebab penunjang dari terjadinya kanker dan beberapa penyakit jantung dan aliran darah (kardiovasculer), serta bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini seseorang.

Berbeda dengan orang yang selalu menyenangi pekerjaannya, mereka akan menjadikan pekerjaan sebagai suatu hobby yang menyenangkan. Secara psikis orang bahagia dalam pekerjaannya biasanya orang yang lebih dewasa dan cerdas, selalu saja ada solusi efektif dari setiap masalah yang ada, mereka santai dan gembira tapi masalh dan tugas beres dengan sempurna.

Bekerjalah sebagai sebuah kebutuhan fisik dan psikis, jika tidak suka pada pekerjaan yang sekarang maka lebih baik resign dan mencari pekerjaan yang lain yang membuat bahagia, yakin dan percaya dirilah bahwa potensi anda cocok dengan pekerjaan yang membuat anda bahagia, masalah rezeki sudah ada yang ngatur, tugas kita hanya berusaha mencari yang terbaik, kerja keras harus dibarengi dengan kerja cerdas dan kerja sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekerjaanmu Jangan Menjadi Faktor Penyebab Sakitmu"

Posting Komentar