Saat Olahraga Rutin Sudah Ditinggalkan, Ini 7 Dampak Buruk Dari Meninggalkan Olahraga Secara Rutin





Olahraga merupakan peningkatan aktivitas fisik yang harusnya dilakukan secara baik, benar, teratur dan terukur.  Unsur baik dalam olahraga memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh manusia, baik secara fisik dan psikis. Unsur benar dalam olahraga adalah sesuai gerakan yang benar sesuai panduan atau instruktur dalam melakukan olahraga, jadi olahraga itu tidak asal gerak, ada panduan dan pedomannya. Unsur teratur adalah dengan jadwal dan ketetapan yang telah disepakati dan harus dijalankan secara displin. Sedangkan unsur terukur adalah sesuai kemampuan kita dalam melaksanakan olahraga, tidak boleh melampaui batas dan memaksakan diri, kekuatan dan kemampuan tubuh ada batasnya.

Dalam melakukan kegiatan berolahraga tidak semua orang bisa dan mampu melakukan olahraga, baik itu karena ketidakmampuan dan keterbatasan fisik (sakit) atau karena kesibukan masing-masing orang yang berbeda. Akan tetapi ada alasan yang paling ironi yaitu karena malas berolahraga, ini adalah alasan yang mungkin harus kita rubah mulai sekarang.

Ada 7 hal yang akan terjadi pada tubuh manusia jika malas berolahraga secara teratur, dan itu sangat berbahaya untuk kehidupan dan kesehatan anda, berikut 5 paparan dari ketidakteraturan seseorang dalam melakukan olahraga, diantaranya:


Penyakit Cardiovaskuler

Salah satu fungsi olahraga yang teratur adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah (Cardiovaskuler). Produksi hormon adrenalin yang yang terkontrol dengan baik akan menguatkan kinerja jantung dan menjaga elastisitas pembuluh darah dengan baik. Saat seseorang dengan tertaur melakukan olahraga secara teratur, kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah juga akan semakin membaik, baik saat proses konstraksi ataupun dilatasi sehingga jantung dan pembuluh darah akan semakin sehat. Bisa kita bayangkan jika olahraga yang sangat baik terhadap jantung dan pembuluh darah ini ditinggalkan maka berbagai keluhan dari penyakit jantung dan pembuluh darah juga akan meningkat, baik berupa penyakit pada jantung ataupun pembuluh darah langsung seperti penyakit jantung koroner ataupun pada intensitas tekanan aliran darah seperti penyakit tekanan darah tinggi.

Kemampuan Paru-Paru

Seseorang yang dengan teratur melakukan olahraga akan memiliki kekuatan paru yang luar biasa dalam menyimpan oksigen sisa dalam paru sebagai cadangan oksigen untuk tubuh. Dalam test spirometer akan jelas ditemukan bahwa orang yang sering berolahraga secara teratur akan memberikan gambaran spirometer yang bagus dan sangat baik, berbeda dengan orang yang jarang berolahraga gambaran spirometernya jelek dan mengkhawatirkan. Olahraga teratur juga mampu menurunkan gejala penyakit asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Lebih Cepat Menua

Baik secara sel ataupun secara fisik seseorang yang jarang berolahraga akan mengalami proses pebnuaan lebih cepat dari seseorang yang teratur melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan produksi hormon adrenalin yang teratur dan terkontrol dengan baik mampu mengahncurkan lemak dan beberapa toksin yang ada di dalam tubuh, dismaping itu juga mampu memberikan regenerasi sel yang lebih cepat dan lebh berkualitas.

Kekuatan Otot Dan Tulang

Seseorang yang sering melakukan olahraga akan mampu meningkatkan produksi cairan sendi yang maksimal serta mampu menjaga kekuatan otot secara baik dan sempurna. Berbeda dengan orang yang jarang berolahraga, sendi dan tulang akan sering sakit dan ototnya akan mudah lemah.

Stamina Loyo

Kemampuan berhubungan dengan pasangan juga akan terganggu jika seseorang tidak memperhatikan ketertaturan berolahraga. Yang namanya pasangan yang berhubungan akan mendambakan kepuasan dari keduanya, akan tetapi saat seseorang malas berolahraga akan mengecewakan.

Demensia Dini

Peningkatan aktivitas yang teratur dalam olahraga mampu meningkatkan volume hipocampus pada otak yang mana fungsi dari hipocampus ini adalah sebagai memori internal pada manusia. Seseorang yang jarang berolahraga akan menegcilkan volume hipocampus ini dan akan dengan sendirinya akan sering lupa bahkan mengalami beberapa gangguan penyakit demensia, setidaknya seperti itu yang dilakukan oleh Harvard Unversity.

Resiko Obesitas


Seseorang yang tidak teratur berolahraga akan sangat beresiko pada peningkatan berat badan yang tidak ideal. Semua orang pasti menginginkan berat badan yang ideal, disamping enak di pandang, berata badan yang ideal akan meningkatkan produktifitas kerja dan lebih sehat karena kerja jantung yang lebih ringan.

Demikianlah 7 akibat yang anda akan alami jika meninggalkan olahraga dengan teratur. Dalam berolahraga harus tetap memperhatikan kondisi fisik dan nutrisi terutama karbohidrat dan protein.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Olahraga Rutin Sudah Ditinggalkan, Ini 7 Dampak Buruk Dari Meninggalkan Olahraga Secara Rutin"

Posting Komentar