Mari Kita Lihat 21 Manfaat Buah Srikaya Yang Sangat Luar Biasa Untuk Tubuh Manusia



Buah Srikaya (Annona Squamusa) tergolong buah-buahan yang segar, kecut dan terasa nikmat saat kita konsumsi. Buah Srikaya merupakan salah satu buah yang berasal dari Cina dan India, namun sangat mudah dan tidak asing kita temukan di Indonesia, kita sering melihat buah ini di pasar dan toko buah, kita bisa menemukan berbagai jenis dari buah Srikaya. Disamping rasanya yang manis bercampur kecut, buah Srikaya juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan apapun, entah itu bisa dimakan secara langsung, di jus ataupun diolah dengan makanan lainnya.

Disamping rasanya yang enak dan manis ternyata buah yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang luat biasa dalam meningkatkan derajat kesehatan manusia dan kecantikan dari berbagai jenis kelamin. Buah Srikaya memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat lengkap dalam meningkatkan dan melindungi tubuh manusia dari segala penyakit dan gangguan dari luar.

Berikut ini kami paparkan 21 manfaat dari buah Srikaya yang harus kita ketahui bersama demi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit kita, diantaranya adalah:



Kandungan Beberapa Vitamin

Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam buah Srikaya seperti vitamin B dan vitamin C. kandungan vitamin B sangat baik untuk peningkatan kekuatan otot dan nafsu makan. Sementara, vitamin C mampu menjaga stamina tubuh manusia dan bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh manusia.

Kandungan Serat Yang Tinggi

Seseorang yang mengalami masalah dalam proses pembuangan yang berupa buang air besar yang mengeras (konstipasi) ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi buah Srikaya. Konstipasi kronis akan meningkatkan resiko terjadinya wasir hingga kanker anus. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah Srikaya mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Dengan serat yang tinggi maka kerja dari sistem pencernaan akan bertambah ringan dan proses defekasi(pembuangan) akan semakin lancar. 

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan Acetogenin dan Muricapentocin nabati yang ada di dalam buah Srikaya mampu meningkatkan produksi prebiotik di dalam usus manusia yang selanjutnya akan menjadi antibodi dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri. Pembentukan prebiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dalam rangka sebagai bakal sistem pertahanan tubuh.

Antioksidan dan Penangkal Kanker

Kandungan Flavonoid Polifenol dan vitamin C yang tinggi pada Srikaya ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal radiasi dan radikal bebas. Kita sangat tidak bisa menyadari dan merasakan bahwa sebenarnya tubuh kita setiap hari menerima paparan radiasi radikal bebas yang sangat menunjang terjadinya kanker. Orang yang sering mengkonsumsi Srikaya mampu memberikan penawar terhadap terjadinya pancaran radikal bebas yang berujung pada kanker.

Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan Vitamin C dan Kolagen yang tinggi pada buah Srikaya mampu meningkatkan stamina ibu hamil dan mengoptimalkan pertumbuhan janin. Disamping itu juga mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Mampu Membunuh Kolestrol Jahat

Ternyata buah Srikaya mampu menghancurkan dan menguraikan kolestrol jahat dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat terhadap pencegahan penyakit persendian, jantung dan dan pembuluh darah.

Membantu Proses Metabolisme

Kandungan vitamin B kompleks pada buah Srikaya ini mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam proses metabolism. Disamping itu, vitamin B kompleks juga mampu mensintesis beberapa enzim yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan Kalium dan vitamin C yang tinggi mampu mengimbangi dan mengontrol kadar natrium dan sodium serta aterosklerosis yang ada di dalam darah dan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi stabil dan normal. Jika anda mempunyai tekanan darah rendah, maka ada baiknya untuk tidak sering-sering mengkonsumsi buah Srikaya.

Mencegah Penyakit Diabetes Mellitus

Meskipun rasanya terasa sedikit manis, namun kandungan gula dalam buah Srikaya sangat rendah, dan kandungan Pektin yang ada pada buah Srikaya mampu mengontrol proses glikolisis dalam tubuh manusia sehingga produksi gula dalam darah bisa stabil sebelum mencapai ke sel. Disamping itu, senyawa pektin ini juga mampu merangsang produksi insulin yang lebih berkualitas.

Mencegah Stroke

Kalium nabati dan vitamin C mampu menjaga tekanan darah dan elastisitas pembuluh darah, terutama pembuluh darah otak. Sehingga resiko terjadinya stroke bisa dikurangi.

Baik Untuk Penderita Asma

Kandungan Multivitamin dan Glutahione mampu memberikan proses dilatasi pada saluran pernafasan sehingga resiko terjadinya sesak nafas atau asma bisa berkurang.

Mengurangi Linu dan Kesemutan

Seseorang yang mungkin sudah berumur akan lebih sering mengalami rasa linu dan kesemutan karena gangguan pembuluh darah kecil dan persyarafan perifer akibat kolestrol dan penyumbatan lainnya. Anda tidak perlu khawatir, cukup rutin mengkonsumsi buah Srikaya maka hal itu akan berkurang karena vitamin C mampu menhancurkan kolestrol jahat.

Mencegah Penyakit Ginjal

Kandungan Asam Oksalat pada buah Srikaya mampu meringankan beban ginjal dalam proses filtrasi. Asam oksalat akan membantu proses penyerapan mineral alami yang ada di dalam tubuh.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor nabatiyang ada pada buah Srikaya mampu merangsang pembentukan matriks tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi eksresi kalsium, sehingga pembentukan tulang dan gigi, khususnya untuk anak-anak di dalam masa pertumbuhan menjadi baik dan sempurna.

Menjaga Kesehatan Mata
        
Ada sebuah ungkapan bahwa mata adalah jendela dunia, tanpa mata maka hidup akan terasa hampa. Kandungan vitamin A pada buah Srikaya mampu menjaga kestabilan mata dalam merangsang pembentukan cairan pada mata sehingga fungsi mata bisa tetap terjaga dengan baik.

Cocok Sebagai Menu Diet

Seperti yang pernah dilakukan dalam sebuah penelitian di Jepang, bahwa buah Srikaya memiliki jumlah kalori yang cukup rendah dan sangat baik untuk program diet meskipun rasanya agak manis. Jadi, mulailah untuk berolahraga dan menjadikan buah Srikaya sebagai salah satu menu diet anda.

Membantu Penyembuhan Luka

Protein Nabati dan beberapa vitamin yang ada pada buah Srikaya mampu membantu proses penyembuhan luka. Caranya mengkonsumsi buah Srikaya secara teratur, begitu menurut penelitian terbaru yang ada di Jepang.

Mampu Menurunkan Hormon Stres

Kandungan Thiamin pada buah Srikaya mampu menurunkan hormon adrenalin yang tidak terkontrol sehingga mampu mengurangi stres. Disamping itu, Thiamin juga mampu meningkatkan sistem memori pada otak sehingga mampu meningkatkan fokus pada manusia.

Estetika dan Kecantikan Alami

Selain untuk kesehatan, buah Srikaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C, vitamin E dan Seng dari buah Srikaya mampu membersihkan jerawat dan komedo serta mampu melembabkan kulit.

Obat Alami Stomatitis

Sariawan atau stomatitis merupakan salah satu penyakit yang sering membuat kita kesal. Bagaimana tidak? Saat seseorang mengalami sariawan akan sulit menikmati makanan seenak apapun, dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah Srikaya mampu menyembuhkan sariawan.

Elektrolit Alami

Kandungan beberapa elektrolit alami mampu meningkatkan stamina seseorang yang mengalami dehidrasi. Buah Srikaya bisa menjadi alternativ saat anda mengalami gangguan pada pemenuhan cairan dan elektrolit.


Demikianlah 21 manfaat buah Srikaya yang harus kita ketahui bersama demi menjaga kesehatan kita. Apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi Srikaya? Buah Srikaya merupakan salah satu yang kaya manfaat dari akar sampai daun, apalagi buahnya. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari Kita Lihat 21 Manfaat Buah Srikaya Yang Sangat Luar Biasa Untuk Tubuh Manusia"

Posting Komentar