1001 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Manusia



Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi) tergolong salah satu buah-buahan yang kecut akan tetapi kaya akan manfaat. Belimbing Wuluh merupakan salah satu buah yang sangat mudah dan tidak asing kita temukan di Indonesia, kita sering melihat buah ini di pasar dan toko buah, kita bisa menemukan berbagai jenis dari Belimbing Wuluh. Meskipun rasanya yang segar dan cenderung kecut, Belimbing Wuluh juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan apapun, entah itu bisa dimakan secara langsung, di rujak, di sayur, di jus ataupun diolah dengan makanan lainnya.

Kadang kita sering menganggap sepele dengan Belimbing Wuluh ini, padahal ternyata buah yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang luat biasa dalam meningkatkan derajat kesehatan manusia dan kecantikan dari berbagai jenis umur. Belimbing Wuluh memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat lengkap dalam meningkatkan dan melindungi tubuh manusia dari segala penyakit dan gangguan dari luar. Baik di konsumsi dengan olahan buah, sayur ataupun secara langsung buah ini kaya akan manfaat, begitu juga dengan beberapa bagian dari daun dan pohonnya.

Berikut ini kami paparkan beberapa manfaat dari Belimbing Wuluh yang harus kita ketahui bersama demi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit kita, diantaranya adalah:



Mampu Menyembuhkan Batuk

Kandungan Ekspektoran alami yang ada pada belimbing wuluh mampu menyembuhkan batuk yang diderita oleh manusia. Disamping itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga akan semakin meningkatkan status kesehatan pada tubuh manusia.

Obat Sariawan

Vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh mampu menyembuhkan sariawan yang yang anda derita. Sariawan biasanya muncul saat seseorang mengalami gangguan panas dalam ataupun gangguan infeksi dari bakteri atau jamur. Salah satu pertolongan pertama adalah pemenuhan vitamin C yang mencukupi, dan belimbing wuluh adalah salah satu alternative yang mudah, murah dan efektif.

Antioksidan

Kandungan Flavonoid Polifenol pada belimbing ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal radiasi dan radikal bebas. Kita sangat tidak bisa menyadari dan merasakan bahwa sebenarnya tubuh kita setiap hari menerima paparan radiasi radikal bebas yang sangat menunjang terjadinya kanker. Orang yang sering mengkonsumsi belimbing mampu memberikan penawar terhadap terjadinya pancaran radikal bebas yang berujung pada kanker.

Mampu Membunuh Kolestrol Jahat

Belimbing Wuluh mampu menghancurkan dan menguraikan kolestrol jahat dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat terhadap pencegahan penyakit persendian, jantung dan dan pembuluh darah.

Membantu Proses Metabolisme

Kandungan vitamin B kompleks, Vitamin C yang tinggi pada Belimbing Wuluh ini mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam proses metabolisme. Disamping itu, multivitamin juga mampu mensintesis beberapa enzim yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan Kalium yang tinggi mampu mengimbangi dan mengontrol kadar natrium dan sodium yang ada di dalam darah seingga tekanan darah menjadi stabil dan normal. Jika anda mempunyai tekanan darah rendah, maka ada baiknya untuk tidak sering-sering mengkonsumsi Belimbing Wuluh.

Mencegah Penyakit Diabetes Mellitus

Kandungan Pektin yang ada pada Belimbing Wuluh mampu mengontrol proses glikolisis dalam tubuh manusia sehingga produksi gula dalam darah bisa stabil sebelum mencapai ke sel. Disamping itu, senyawa pectin ini juga mampu merangsang produksi insulin yang lebih berkualitas.

Mencegah Penyakit Ginjal

Kandungan Asam Oksalat pada Belimbing Wuluh mampu meringankan beban ginjal dalam proses filtrasi. Asam oksalat akan membantu proses penyerapan mineral almi yang ada di dalam tubuh.

Kandungan Serat

Kandungan serat yang ada di dalam Belimbing Wuluh mampu membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Dengan serat yang tinggi maka kerja dari sistem pencernaan akan bertambah ringan dan proses defekasi(pembuangan) akan semakin lancar. Seseorang yang mengalami masalah dalam proses pembuangan yang berupa buang air besar yang mengeras (konstipasi) ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi Belimbing Wuluh. Konstipasi kronis akan meningkatkan resiko terjadinya wasir hingga kanker anus. Anda tidak harus memakannya secara langsung, dikombinasikan dengan makanan lain juga tidak apa-apa.

Kandungan Vitamin

Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam Belimbing Wuluh seperti vitamin B dan vitamin C. kandungan vitamin B sangat baik untuk peningkatan kekuatan otot dan nafsu makan. Sementara, vitamin C mampu menjaga stamina tubuh manusia dan bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang mengenai tubuh manusia.

Meningkatkan Sistem Imun
Kandungan beberpa vitamin dan mineral nabati yang ada di dalam Belimbing Wuluh mampu meningkatkan produksi prebiotik di dalam usus manusia yang selanjutnya akan menjadi antibodi dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri. Pembentukan prebiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dalam rangka sebagai bakal sistem pertahanan tubuh.

Analgetik Alami

Ada sebuah penelitian terbaru yang mengatakan bahwa terdapat kandungan analgetik yang mampu menahan rasa nyeri secara alami dalam batas ambang skala ringan. Tentunya ini merupakan hasil penelitian yang baik untuk kita semua dalam memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat tradisional.

Menjaga Kesehatan Mata

Ada sebuah ungkapan bahwa mata adalah jendela dunia, tanpa mata maka hidup akan terasa hampa. Kandungan vitamin A pada Belimbing Wuluh mampu menjaga kestabilan mata dalam merangsang pembentukan cairan pada mata sehingga fungsi mata bisa tetap terjaga dengan baik.

Menjaga Berat badan Ideal

Seperti yang pernah dilakukan dalam sebuah penelitian di Kanada, bahwa Belimbing Wuluh memiliki jumlah kalori yang cukup rendah dan sangat baik untuk program diet karena rasanya yang sangat kecut. Jadi, mulailah untuk berolahraga dan menjadikan Belimbing Wuluh sebagai salah satu menu diet anda.

Estetika dan Kecantikan Alami

Selain untuk kesehatan, Belimbing Wuluh juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C, vitamin E dan Seng dari Belimbing Wuluh mampu membersihkan jerawat dan komedo serta mampu melembabkan kulit.


Demikianlah beberapa manfaat Belimbing Wuluh yang harus kita ketahui bersama demi menjaga kesehatan kita. Apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi belimbing wuluh? semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1001 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Manusia"

Posting Komentar