Puskesmas merupakan kepanjangan dari Pusat Kesehatan Masyarakat yang berfungsi sebagai fasilitas kesehatan pertama, yang berfungsi sebagai pelayanan dasar dan primer dari setiap kasus yang diderita oleh masyarakat dalam wilayah Puskesmas. Puskesmas merupakan sarana pemerintah dalam melayani kebutuhan publik terutama yang berkenaan dengan masalah kesehatan dari setiap orang, baik secara individu ataupun secara keluarga dan komunitas.
Tujuan dari didirikannya Puskesmas adalah sebagai sarana kesehatan yang berfokus pada tindakan pemberian informasi kesehatan (promosi kesehatan) dan pencegahan (preventif) dengan tidak melupakan proses pengobatan (kuratif) dan proses rehabilitatif dari orang yang pernah mengalami sakit. Secara Umum, ranah kerja Puskesmas ada dua, yaitu Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).
Jika ditinjau secara teoritis, harusnya aktivitas Puskesmas lebih banyak di luar gedung karena tujuan dari didirikannya Puskesmas adalah sebagai garda awal dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara promosi kesehatan dan pencegahan agar tidak terjadi sakit atau cacat dengan tidak melupakan proses pengobatan yang sakit dan rehabilisasi dari akibat sakit (Perubahan Perilaku). Akan tetapi, secara realita kita bisa melihat bahwa kunjungan pasien ke Puskesmas tiap hari tidak pernah mengalami penurunan, bahkan malah meningkat.
Setelah dilakukan kajian dengan pendekatan dari Survei Kesehatan Masyarakat, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan pasien lebih senang berkunjung ke Puskesmas, diantaranya:
Biaya Yang Murah
Proses pengobatan dengan biaya yang murah dan bisa dipertanggungjawabkan adalah dambaan semua orang, termasuk pasien yang ada di wilayah Puskesmas. Bahkan saat ini pemerintah banyak memberikan asuransi dan keringanan kepada masyarakat dalam hal pengobatan, mulai dari pemotongan biaya yang begitu banyak sampai pada tidak berbiaya sama sekali (gratis).
Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa konsumen atau pengguna jasa akan berusaha mengeluarkan biaya yang seminimal mungkin untuk mendapatkan pelayanan yang semaksimalmungkin, dan hal semacam ini ada di Puskesmas. Masyarakat menginginkan layanan yang optimal tanpa memperhatikan aturan yang ada dengan biaya yang sangat minimal bahkan gratis, yang penting mereka sembuh dan puas.
Jarak Yang Dekat
Alasan selanjutnya adalah dihubungkan dengan jarak yang dekat. Menurut mereka, selama sakitnya tidak begitu parah maka mereka akan berobat ke Puskesmas terdekat demi efektifitas waktu, biaya dan tenaga.
Kondisi Sakit
Terkadang pasien merasa lebih tahu dari dokter dan tenaga kesehatan lainnya dalam menentukan keadaan sakit. Pada kondisi tertentu, ada masa-masa keadaan tubuh dalam keadaan lemah, yang seharusnya tidak terlalu urgen dalam proses pengobatan atau dengan kata lain kondisi tertentu itu bisa diobati dengan pola hidup yang sehat seperti makan teratur, olahraga rutin, dan tidak stres maka pasien tidak perlu ke Puskesmas untuk berobat, akan tetapi pasien merasa tidak puas jika tidak datang ke Puskesmas untuk mendapatkan obat.
Kebijakan Pemerintah
Syarat yang ditetapkan pemerintah dalam pengobatan lanjutan di rumah sakit adalah harus melalui fasilitas tingkat pertama dan itu Puskesmas. Dari kebijakan semacam ini, Mau tidak mau, masyarakat harus ke Puskesmas untuk mendapatkan tindakan lanjutan di rumah sakit, baik berupa rujukan atau konsultasi ahli. Sehingga kita akan menemukan pasien di Puskesmas bukan hanya untuk berobat, tapi juga dengan kebutuhan untuk mendapatkan rujukan ke fasiltas tingkat kesehatan lanjutan yaitu Rumah Sakit.
Kepuasan Pelayanan
Pelayanan yang maksimal dari setiap poli yang ada di Puskesmas, mulai dari pendaftaran, pengobatan, pemeriksaan laboratorium dan pengambilan obat akan sangat mempengaruhi dalam peningkatan dan penurunan kunjungan pasien ke Puskesmas. Pasien akan memberikan informasi bahwa Puskesmas krembangan Selatan Surabaya Misalnya adalah Puskesmas yang pelayanannya memuaskan dan nyaman untuk dikunjungi. Begitu juga saat pelayanan tidak memuaskan, maka pasien juga akan bercerita kepada pasien lainnya tentang pelayanan Puskesmas yang tidak memuaskan. Ini tidak bisa kita pungkiri bahwa memang masyarakat adalah Independent Supervisoryang bisa memberikan dampak terhadap status kunjugan pasien ke Puskesmas.

0 Response to "Ternyata Ini Alasan Seseorang Berkunjung Ke Puskesmas"
Posting Komentar