URAIAN INDIKATOR 6 SASARAN KESELAMATAN PASIEN



1.      MENGIDENTIFIKASI PASIEN DENGAN BENAR
Indikor kinerja
Tidak terjadi kesalahan identifikasi pasien
Dimensi mutu
Keberhasilan dalam mengidentifikasi pasien dengan benar
Tujuan
Ketepatan identifikasi  antara pasien dengan pelayanan kesehatan yang akan di terima
Definisi operasional
Mengidentifikasi pasien sebagai individu yang di maksudkan untuk mendapatkan pelayanan dan pengobatan,serta untuk mencocokan pelayanan/pengobatan terhadap individu tersebu,dengan cara sebagai berikut:
1.         Pasien di identifikasi dengan menggunakan minimal 2 identitas pasien seperti:
a.    Nama dengan 2 nama pasien
b.   Nomor rekam medis
c.    Tanggal lahir
d.   Gelang ( identitas pasien) dengan barcode/cara lain nomor kamar/lokasi pasien tidak bisa untuk  identifikasi
2.         Pasien di identifikasi sebelum pemberian obat, prodak darah/tranfusi
3.         Pasien di identifikasi sebelum mengambil  sample darah/spesimen lain untuk pemeriksaan klinis
4.         Pasien di identifikasi sebelum pemberian pengobatan dan tindakan/prosedur
5.         Kebijakan dan prosedur mengarahkan pelaksanan identifikasi pada semua situasi dan lokasi.
Monitoring
Dilakukan setiap hari di semua unit layanan,di catat dalam buku/form  KTD
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Kesalahan yang terjadi dalam identifikasi
Denumerator
Jumlah seluruh pasien yang teridenfikasi
Sumber data
Semua unit layanan
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien



2.      MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF
Indikor kinerja
Kepatuhan petugas untuk mengisi form konsul via telpon di ranap
Dimensi mutu
Keberhasilan dalam komunikasi yang efektif
Tujuan
Meningkatkan komunikasi yang efektif,tepat waktu,akurat dan tergambarnya upaya puskesmas dalam menjaga keselamatan pasien pada prosedur konsultasi via telepon dengan metode SBAR
Kepatuhan melakukan READBACK dan konfirmasi pada prosedur konsultasi via telepon dari petugas Rawat Inap Kepada DPJP
Definisi operasional
Form konsul via telpon adalah suatu bentuk bukti hasil konsultasi/perintah dari seorang  dokter  kepada perawat/bidan
Monitoring
Setiap hari
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Setiap melakukan komunikasi efektif via telpon
Denumerator
Penulisan form secara lengkap dan benar
Sumber data
Dokter pemberi advice
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien

3.      MENINGKATKAN KEAMANAN OBAT-OBATAN YANG HARUS DIWASPADAI/HIGH ALERT
Indikor kinerja
Meningkatkan keamanan obat-obatan yang harus di waspadai dan di berikan label NORUM/LASA,terjaminya obat aman
Dimensi mutu
Keselamatan pasien
Tujuan
menjaga keselamatan pasien untuk labelisasi dan penyimpanan  obat high alert dan LASA.Tidak terjadinya kesalahan dalam pemberian obat-obatan NORUM/LASA di ruang farmasi,IGD,Ranap,Laboratorium,VK,BP umum,BP Gigi yang beresiko tinggi menyebabkan dampak yang tidak di inginkan.
Definisi operasional
Obat NORUM/LASA adalah obat yang memiliki kemasan yang terlihat mirip atau obat yang memiliki nama yang terdengar mirip.
Monitoring
Setiap hari
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Jumlah kesalahan di semua unit
Denumerator
Seluruh resep
Sumber data
Unit farmasi,ranap atau di loker obat pasien.
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien

4.      MEMASTIKAN LOASI PEMBEDAHAN YANG BENAR,BENAR PROSEDUR,DAN PEMBEDAHAN PADA PASIEN YANG BENAR

Indikor kinerja
Tidak terjadinya kesalahan prosedur tindakan pembedahan di ruang IGD,VK,BP umum ,BP Gigi di puskesmas alian
Dimensi mutu
Keselamatan pasien
Tujuan
Tidak terjadinya kesalahan lokasi,salah prosedur tindakan pembedahan,dan salah pasien di ruang IGD,VK,BP umum ,BP Gigi di puskesmas alian
Definisi operasional
Kepatuhan dan Ketepatan pelaksanaan prosedur site marking dan Surgical check list pada pasien yang akan dilakukan tindakan pembedahan.

Monitoring
Setiap melakukan tindakan pembedahan
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Jumlahpasien yang mendapatkan tindakan pembedahan dan yang tidak terjadi kesalahan prosedur tindakan pembedahan dalam waktu 1 bulan.
Denumerator
Jumlah kunjungan pasien yang mendapatkan tindakan pembedahan dalam waktu 1 bulan.
Sumber data
IGD,VK,BP umum ,BP Gigi
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien

5.      MENGURANGI RESIKO INFEKSI AKIBAT PERAWATAN
Indikor kinerja
Kepatuhan petugas melaksanakan 6 langkah cuci tangan/hand hygien
Dimensi mutu
Keselamatan pasien dan petugas
Tujuan
Mengurangi angka terjadinya resiko infeksi
Definisi operasional
Setiap petugas melaksanakan cuci tangan secara efektif sesuai pedoman yang berlaku secara internasional sesuai dengan WHO.
Monitoring
Setiap hari
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Jumlah petugas yang melaksanakan cuci tangan sesuai WHO dalam 1 bulan
Denumerator
Jumlah petugas yang melaksanakan cuci tangan efektif  dalam 1 bulan
Sumber data
Semua unit layanan
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien

6.      MENGURANGI RESIKO CIDERA PASIEN AKIBAT TERJATUH
Indikor kinerja
Tidak terjadinya pasien jatuh yang mengakibatkan cidera
Dimensi mutu
Keselamatan pasien
Tujuan
Terealisasinya pelayanan keperawatan yang aman pada pasien
Menurunkan angka insiden pasien jatuh ,Mencegah kejadian pasien jatuh selama perawatan di Puskesmas Alian.
Definisi operasional
Kejadian pasien jatuh adalah kejadian pasien jatuh selama di rawat baik akibat jatuh dari tempat tidur,kamar mandi,yang berakibat kecacatan atau kematian.
Monitoring
Setiap hari
Evaluasi
3 bulan sekali
Numerator
Jumlah pasien yang di rawat dalam bulan tersebut di kurangi jumlah pasien yang jatuh dan berakibat kecacatan atau kematian.
Denumerator
Jumlah pasien yang di rawat dalam bulan tersebut
Sumber data
Lapran kejadian dari unit IGD,VK,dan Rawat Inap
Standar
100%
Penanggung jawab pengumpulan data
Tim keselamatan pasien



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "URAIAN INDIKATOR 6 SASARAN KESELAMATAN PASIEN"

Posting Komentar